EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA DALAM PENGGUNAAN GADGET

Authors

  • jania sukma universitas riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Khairiyah Khadijah

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Cognitive Behavior Therapy, , Self Awareness, Gadget

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk Meningkatkan Self Awareness siswa dalam Penggunaan Gadget dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.. Dengan subjek penelitian adalah siswa-siswi SMA Al Huda Pekanbaru yang berjumlah 13 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dan pendekatan Cognitive Behavior Therapy efektif meningkatkan self awareness dalam penggunaan gadget pada siswa di kelas XII IPA SMA Al Huda Pekanbaru setelah pemberian treatment dengan perolehan hasil keseluruhan self awareness pada kategori sedang dan tinggi.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

jania sukma, Umari, T., & Khadijah, K. (2023). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA DALAM PENGGUNAAN GADGET. JURNAL EDU COUNSELING, 1(1), 30–39. Retrieved from https://jec.ejournal.unri.ac.id/index.php/1/article/view/3